Selasa, 22 Juli 2008

ALA

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK MELALUI PUISI DAN LAGU
PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN
Salah satu prinsip umum pembelajaran adalah bahwa pembelajaran hendaknya dilaksanakan dengan mempertimbangkan karakteristik individual siswa yang menyangkut perkembangan emosional, perkembangan intelektual, kondisi sosial, dan lingkungan budaya. Pada dasarnya pembelajaran bahasa Arab untuk anak atau Al-`Aarabiyyah Lil Athfa:l yang selanjutnya disebut ALA juga berpijak pada prinsip-prinsip umum tersebut. Di samping itu, ada prinsip-prinsip dasar yang perlu diperhatikan sesuai dengan karakteristik anak. Para ahli pembelajaran bahasa untuk anak, di antaranya Scott, Lee, dan Borridge (dalam Rachmayanti, 2000) mengemukakan beberapa prinsip pembelajaran yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut. Pertama, berpijak pada dunia anak. Dunia anak berkisar pada keluarga, rumah, sekolah, mainan, dan teman bermain. Kedua, berangkat dari sesuatu yang sudah diketahui dan dekat dengan atau mudah dijangkau oleh siswa ke sesuatu yang belum diketahui atau jauh dari jangkauan mereka. Misalnya dari lingkungan rumah ke lingkungan luar rumah, dilanjutkan ke lingkungan teman sejawat, kemudian ke lingkungan sekolah. Ketiga, pembelajaran dikaitkan dengan hal-hal yang menjadi interes anak Keempat, pokok-pokok pembelajaran yang disajikan berangkat dari pengetahuan yang telah dimiliki siswa, dengan menggunakan bahasa Arab sederhana. Kelima, tugas-tugas diorientasikan kepada aktifitas atau kegiatan. Keenam, bahan pembelajaran merupakan kombinasi antara sesuatu yang bersifat fiksi dan non-fiksi/konkrit. Ketujuh, materi diorentasikan kepada pelaksanaan silabus dan pengembangan dua komponen bahasa (kosa kata dan struktur) dan empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Kedelapan, budaya nasional dan asing dikenalkan secara bertahap. Kesembilan, pokok-pokok pembelajaran dan tugas-tugas hendaknya disesuaikan dengan usia pembelajar 1
STRATEGI PEMBELAJARAN ALA
Untuk memilih dan menentukan strategi pembelajaran ALA, guru hendaknya terlebih dahulu memahami dengan baik prinsip-prinsip pembelajaran ALA dan karakteristik siswa yang akan diajar. Karakteristik siswa tersebut antara lain seperti yang telah disebutkan terdahulu, misalnya siswa (1) masih belajar dan senang berbicara tentang lingkungan mereka, (2) senang bermain, (3) senang mempraktekkan sesuatu yang baru diketahui/dipelajarinya, (4) cenderung senang bertanya, (5) cenderung senang mendapatkan penghargaan, dan (6) cenderung mau melakukan sesuatu karena dorongan dari luar. Berdasarkan beberapa karakteristik tersebut, guru dapat memilih strategi pembelajaran ALA yang sesuai. Salah satu karakteristik siswa adalah bahwa pengetahuan mereka masih terbatas pada lingkungan hidup mereka sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut maka materi pelajaran sebaiknya dipilihkan hal-hal yang terkait dengan lingkungan mereka. Misalnya tentang diri mereka sendiri, orang tua (bapak/ibu), saudara kandung, rumah dan isinya, binatang piaraan, mainan, lingkungan sekolah, dan teman bermain. Di samping itu, ada pertimbangan lain yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih materi sebagaimana dikemukakan oleh Dick dan Carey (1985), antara lain apakah materi pembelajaran (1) cukup menarik, (2) isinya relevan, (3) urutannya tepat, (4) mengandung informasi yang dibutuhkan oleh siswa, (5) berisi soal latihan, dan (6) berisi jawaban untuk latihan yang diberikan. Asy-Sya’ban (dalam Ainin, 2002) mengemukakan beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh guru dalam pemilihan materi, yaitu materi pembelajaran dimulai (1) dari hal yang diketahui oleh siswa ke hal yang belum diketahui, (2) dari yang paling mudah ke yang paling sulit, (3) dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks, (4) dari yang kongkrit ke yang abstrak, dan (5) dari yang praktis ke yang teoritis. Di muka telah disebutkan bahwa salah satu karakteristik siswa usia kanak-kanak adalah bahwa mereka senang bertanya. Hal tersebut perlu dijadikan pertimbangan oleh guru dalam memilih strategi pembelajaran. Dalam memulai kegiatan pembelajaran misalnya, guru dapat merangsang lahirnya keingintahuan siswa. Dengan demikian akan timbul pertanyaan atau komentar dari siswa yang 2
mengarah pada substansi materi. Dengan lahirnya pertanyaan dari siswa tersebut sangat memungkinkan terjadinya interaksi dan komunikasi multi arah. Untuk memotivasi agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, guru dapat melakukan variasi. Variasi ini bisa dilakuan dari segi materi, metode/teknik, media, dan tempat. Motivasi juga bisa diberikan kepada siswa dalam bentuk hadiah berupa pujian, nasihat/himbauan, nyanyian, barang, point, dan pemaparan hasil karya. Dalam memilih metode atau teknik pembelajaran ALA, guru juga perlu melihat salah satu karakteristik yang menonjol pada anak, yaitu bahwa mereka senang bermain. Melihat karakteristik seperti itu, maka metode yang relevan untuk pembelajaran ALA adalah metode bermain dengan berbagai tekniknya. Bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain mungkin lebih relevan bagi mereka karena pada dasarnya mereka cenderung menyukai aktifitas. Guru hendaknya dapat mengemas aktifitas tersebut dalam permainan dan sekaligus pembelajaran. Beberapa bentuk permainan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran ALA misalnya (1) lagu (al-qashidah/alghina’), (2) cerita (al-qishshah), puisi (asy-syi`r) dan (3) permainan (al-la’b). Berikut diuraikan 2 (dua) bentuk permainan tersebut, yaitu puisi dan lagu. PUISI DAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN ALA
Tujuan Adapun tujuan pemanfaatan puisi dan lagu dalam pembelajaran bahasa Arab adalah untuk: (1) menumbuhkan sensitifitas anak terhadap bunyi, irama, dan nada dalam bahasa Arab; (2) melatih pengucapan ungkapan sederhana dalam bahasa Arab, (3) melatih penggunaan kosakata bahasa Arab yang ada dalam puisi dan lagu, (4) mengembangkan permainan dengan bunyi-bunyi atau ujaran-ujaran dalam bahasa Arab, (5) mengembangkan permainan dengan peragaan puisi dan lagu yang dihafalkan, dan (6) memperkenalkan ejaan, kalimat berita, tanya, dan perintah. Di samping itu, puisi dan lagu juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan: (1) membuat kaitan antara kegiatan dan benda/obyek melalui syair puisi dan lagu, (2) meresapkan bunyi-bunyi bahasa Arab, (3) mengembangkan kepekaan ritme, dan (4) menghafal kosakata. 3
Prinsip-prinsip Pemilihan Puisi dan Lagu Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih puisi dan lagu untuk pembelajaran bahasa Arab bagi anak adalah sebagai berikut: (1) syair atau kata-kata dalam puisi dan lagu hendaknya jelas, (2) bahasa yang digunakan dalam puisi dan lagu tersebut tidak terlalu sulit, (3) tema puisi dan lagu dipilih yang sesuai dengan dunia anak, (4) puisi dan lagu tidak terlalu panjang, (5) puisi dan lagu diupayakan memiliki keterkaitan dengan materi yang diajarkan. Berikut ini beberapa judul puisi dan lagu berbahasa Arab sesuai dengan kriteria tersebut (teks puisi dan lagu dapat dilihat di lampiran) a. Puisi 1. 2. 3. 4. 5. b. Lagu (a) Lagu untuk dinyanyikan saja 1. 2. 3. 4. 5. (b) Lagu untuk dinyanyikan dan diperagakan 1. 2. 3. 4
Langkah-langkah Penggunaan Puisi dan Lagu Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru dalam menggunakan puisi dan lagu dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya disesuaikan dengan tema, suasana kelas, dan tujuan penggunaan puisi dan lagu tersebut. Berikut dikemukakan beberapa contoh langkah yang dapat ditempuh oleh guru. Contoh 1 1. Guru menginformasikan judul puisi atau lagu kepada siswa 2. Guru membacakan puisi atau menyanyikan lagu sekali sebagai contoh dan siswa diminta mendengarkan dan memperthatikan guru 3. Guru memberikan kata-kata/syair puisi atau lagu kepada siswa secara tertulis 4. Guru membacakan syair puisi atau lagu dan siswa diminta menirukan 5. Guru menyanyikan seluruh syair lagu atau membacakan syair puisi dan siswa bersama-sama mengikuti secara perlahan-lahan 6. Guru bersama siswa mengulangi menyanyikan lagu atau membaca puisi dengan kecepatan normal 7. Apabila lagu atau puisi tersebut dapat diperagakan, siswa diminta berdiri dan melakukan peragaan dengan contoh dari guru 8. Guru menjelaskan isi puisi atau lagu sebagai materi pembelajaran yang diajarkan. Contoh 2 Judul Lagu 1. Pembukaan 2. Guru menanyakan pohon yang ada di kebun dan bagian-bagiannya 3. Guru menjelaskan materi (lagu) dengan menggunakan kartu gambar 4. Guru melatihkan pengucapan kosa kata dari kartu gambar 5. Guru membagi siswa dalam kelompok kecil 6. Guru meminta kelompok untuk menempelkan kertas kosa kata pada gambar yang sesuai 7. Kelompok yang tercepat menyelesaikan tugas mendapatkan poin 5
8. Salah satu kelompok diminta membacakan hasil tugasnya 9. Siswa kembali pada kelompok 10. Guru memperdengarkan lagu dan kelompok diminta menuliskan kosa kata yang dapat mereka tangkap dari lagu tersebut 11. Kelompok yang paling banyak menangkap kosa kata dan menuliskannya dengan benar mendapatkan poin 12. Guru menuliskan lirik lagu di papan tulis atau membagikan fotocopy teks lagu 13. Guru memperdengarkan lagu sekali lagi dan siswa diminta menirukan 14. Guru bersama siswa menyanyikan lagu dengan kecepatan normal 15. Guru mengevaluasi pemahaman siswa dengan kartu yang digunakan pada awal pelajaran 16. Guru meminta 2 atau 3 orang orang untuk menyanyikan lagu 17. Guru meminta siswa untuk menyampaikan pikiran dan perasaannya mengenai pembelajaran dengan lagu tersebut Contoh 3 Judul Puisi 1. Pembukaan 2. Guru menanyakan kepada siswa mengenai jenis buah-buahan (yang mengarah kepada jawaban 3. Guru mengeluarkan buah jeruk yang telah dipersiapkan 4. Guru menanyakan warna-warna jeruk dan melatihkan pengucapan kosa kata dengan bantuan kartu kata 5. Guru menanyakan rasa jeruk dan melatihkan pengucapan kata dengan bantuan kartu kata 6. Guru menanyakan bentuk jeruk dan melatihkan pengucapan dengan bantuan kartu kata 7. Siswa dibagi dalam kelompok kecil 8. Setiap kelompok diminta untuk mewarnai gambar sesuai dengan kosa kata yang tertulis dalam gambar tersebut 6
9. Siswa yang paling cepat menyelesaikan tugas mendapatkan poin 10. Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerjanya 11. Guru menuliskan teks puisi di papan tulis atau membagikan fotokopy teks puisi 12. Guru memberikan contoh cara membaca dan siswa menirukan secara bersama-sama 13. Guru meminta 2 atau 3 orang siswa untuk membacakan puisi 14. Guru mengevaluasi pemahaman siswa tentang warna dan bentuk dengan bantuan kartu 15. Guru melakukan refleksi TUGAS Tugas 1 Buatlah puisi sederhana dalam bahasa Arab dengan tema yang dekat dan disenangi oleh anak-anak, misalnya mainan, binatang, atau buah-buahan. Susunlah puisi dalam lima baris, dan setiap barisnya terdiri dari satu kalimat, setiap kalimat terdiri atas dua kata. Tugas 2 Coba Saudara pikirkan, kemudian Saudara coba untuk mengadaptasi sebuah lagu anak-anak dari bahasa Indonesia atau bahasa Jawa kedalam bahasa Arab. Pikirkan pula, tingkatan siswa yang akan Saudara ajar dengan lagu tersebut. Diskusikanlah dua hal tersebut dengan teman Saudara, kemudian laporkan hasilnya di depan kelas.
DAFTAR PUSTAKA Ainin. 2002. Pemilihan Materi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak-anak. Makalah tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. Anugerahwati. 2000. Material Selection and Development: Games, Songs, and Stories. Makalah tidak diterbitkan. Malang: State University of Malang. Cooper, James M. 1979. The Teacher as Decision Maker. Classroom Taching Skills; A Handbook. Massachsetts: D.C Heath ang Company Dick, Walter dan Carey, Lou. 1985. The Systemic Design of Instruction. London: Scott, Foresman and Company. Effendy. 2001. Peta Pembelajaran Bahasa Aeab di Indonesia. Jurnal Bahasa dan Seni. Malang: Fakultasa Sastra UM. 7
E. Suyanto. 2000. Background Knowledge on EYL: Polycy, curricullum, teacher and Students’ Characteristics. Makalah tidak diterbitkan. Malang Universitas Negeri Malang Muhaiban .2002. Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Makalah Tidak diterbitkan. Malang: Fakultas sastra UM. Rachmayanti. 2000. Maerial Selection and Development: Vocabulary, Structure, and Text. Makalah tidak diterbitkan. Malang: State University of Malang. Scott, Wendy A dan Ytreberg, Lisbeth H. 1990. Teaching English to Children. New York: Longman 8
Lampiran 1 Contoh Puisi 9
Lampiran 2 Contoh Lagu 10
11
12
13
14
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK MELALUI PUISI DAN LAGU
Makalah Disajikan dalam Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab bagi Guru Bahasa Arab Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin di Kota Blitar Tanggal 28 Juni 2007 Oleh Muhaiban
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA ARAB
JUNI 2007 15

Tidak ada komentar: